Selamat Datang

Latar Belakang



           Anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya dan sekaligus penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis yang mempunyai ciri dan sifat khusus, dan pada gilirannya nanti dapat bertanggungjawab dalam eksistensi berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu anak perlu mendapatkan kesempatan seluas-luasnya, untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, sosial, dan ketrampilannya serta mempunyai budi pekerti yang mulia.

      Pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan sosial anak ditandai oleh semakin kompleksnya permasalahan sosial anak yang semakin berkembang mulai dari anak jalanan yang berada di perkotaan maupun anak nakal yang ada di masyarakat. Penanganan terhadap permasalahan tersebut memerlukan perhatian secara komprehensip dari seluruh elemen baik Pemerintah maupun masyarakat.

             Sesuai Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Tengah No. 53 Tahun 2013 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Balai Rehabilitasi Sosial Anak Jalanan “Kartini” Tawangmangu, mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai Balai yang memberikan pelayanan rehabilitasi sosial bagi anak jalanan di Provinsi Jawa Tengah.